Ikuti Kami

Rabu, 13 Juli 2022

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI KETELADANAN NABI IBRAHIM DAN ISMAIL AS DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI  KETELADANAN NABI IBRAHIM DAN ISMAIL AS DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL

(PTK di Kelas III  SDN  Pondok  Makmur Kota Tangerang)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diajukan untuk UKIN Sertifikasi

disusun oleh :

Mas’ud Jawas, S.Ag

 

 

 

SDN PONDOK MAKMUR, KEL GEBANG RAYA,KEC PERIUK

KOTA TANGERANG BANTEN


LEMBAR PENGESAHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

 

JUDUL PENELITIAN                     : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI   dan Budi Pekerti dengan Menggunakan  Audio Visual Di SDN Pondok Makmur Kls 3

 

Identitas Peneliti

1.      Nama Lengkap     : Mas’ud Jawas, S.Ag

2.      Jenis Kelamin       : Laki-laki

3.      Asal sekolah         : SDN Pondok Makmur

4.      Alamat Sekolah    : Jl. Perum Pondok Makmur

5.      Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

 

 

 

Tangerang 10 Maret 2020

Mengetahui

Kepala Sekolah SDN Pondokk Makmur

 

 

Hasan Basri, S.Pd

 

 

 

 

Kata Pengantar

            Al-hamdulillah segala puji bagi Allah yang telah banyak memberikan nikmat dan karunianya, sehingga dapat merasakan lezatnya beriman kepada-Nya,salawat dan salam tak lupa terhantar bagi Baginda Rasulullah sallahu alaihi wasalam yang banyak memberikan revormasi moral manusia secara sempurna.

            Tak banyak yang dapat peneliti hadirkan secara sempurna dalam penelitian ini, kiranya masih banyak kekurangan dan kesalahan yang perlu diperbaiki kedepannya, namun penulis merasa bersyukur karena meski demikian Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan telah rampung sesuai jadwal yang telah ditetapkan, adapun judul penelitian yang telah dilaksanakan adalah : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti dengan Menggunakan Audio Visual  Di SDN PondokMakmur Kls 3.

            Penulisan Penelitian Tindakan kelas ini merupakan hasil kajian peneliti yang banyak dibantu dan dibimbing Penulisan Penelitian Tindakan kelas ini merupakan hasil kajian peneliti yang banyak dibantu dan dibimbing kepala sekolah serta teman-teman guru, khususnya :

1.      Bapak Hasan Basri selaku Kepala Sekolah SDN Pondok Makmur

2.      Bapak Ulung, Bapak Mahyudin, Bapak Iim Jakaria, Bapak Romli dan Bapak Novryjal yang telah banyak membantu dan memberikan masukan dalam penulisan PTK

3.      Ibu Guru Wali Kelas 3 ; Ibu Jatu Priyanti, Ibu Rofiqoh dan Ibu Agnes Deviana

4.      Serta anak-anak kelas 3 SDN Pondok Makmur yang tertib dalam melaksanakan pembelajaran

 

Semoga apa yang menjadi penelitian ini dapat menjadikan pengalaman berharga untuk meningkatkan metode dan pengajaran yang disampaikan peneliti kepada siswa dan siswi.

 

 

 

Tangerang Tangerang 10 Maret 2020

 

 

                                                                Mas’ud Jawas, S.Ag

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstraksi

 

            Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah proses penyelesaian masalah yang ada didalam kelas, hal ini dilakukan untuk mencari solusi terbaik yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk melakukan sebuah tindakan yang dianggap solusi terbaik, Penelitian tindakan kelas atau PTK banyak mengacu kepada problematika yang ada didalam kelas, baik mengenai sistematika pengajaran, bahan ajar juga hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kelancaran penyampaian pengajaran di dalam kelas. Salah satu yang menjadi penelitian dalam PTK ini adalah, sistematika atau metode pengajaran yang disampaikan kepada peserta didik. Penyampaian yang dilakukan guru terkadang menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah pendidikan, penyampaian yang monoton dan tak berfareasi cenderung menjadikan peserta didik mengalami stagnasi pemikiran, sehingga perlu adanya metode-metode lainnya yang dapat menumbuhkan kreatifitas, keaktifan serta kemandirian peserta didik dalam  belajar. penyampain pembelajara yang senantiasa menggunakan metode konvensional cenderung menjadikan peserta didik bosan dan tak mengena, oleh karena itu perlu adanya pembaharuan dan inovasi dalam penyampainnya. Metode saintifik yang menggunakan teknik mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi merupakan mode pembelajaran yang representatif untuk menumbuhkan semangat serta kreatifikas peserta didik dalam belajar, dan tentunya bukan hanya ini metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam dunia pedidikan khususnya mata pelajaran PAI, namun masih banyak lagi metode-metode lainnya yang dapat diterapkan sebgai metode terbaik dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas.   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan ...................................................................                  i

Kata Pengantar ...........................................................................                   ii

Abstraksi ....................................................................................                    iv

Daftar isi .....................................................................................                   v

BAB I

PENDAHULUAN  ...........................................................................                        1

A.    Latar Belakang Masalah ............................................................             1

B.     IdentifikasiMasalah ...................................................................             4

C.     Batasan Masalah .......................................................................              4

D.    Rumusan Masalah ....................................................................               6

E.     Tujuan Penelitian .....................................................................               6

F.      Manfaat Penelitian ....................................................................              7

BAB II

A.    Landasan Teoritis .....................................................................               8

B.     Hipotesa Tindakan ...................................................................               9

BAB III

Metodologi Penelitian ..................................................................                  10

a.    Subjek Penelitian .....................................................................                  10

b.    Tempat dan waktu ............................................................            ........                10

c.    Prosedur Penelitian ...................................................................                10

I.     Perencanaan ..............................................................................                10

II.    Tindakan .........................................................  ..........              11

III.  Refleksi .......................................................................             11

d.      Jenis dan Sumber data .................................................                    12

·         Jenis data ...........................................................                     12

·         Sumber data ..........................................................                 12

e.       Alat Pengumpul Data .....................................................                 12

f.       Tekhnik pengolahan dan Analisis data ...........................                 13

g.      Kreteria Keberhasialan .......................................................             14

BAB IV

Hasil Penelitian dan Pembahasan ............................................             15

A.    Persiapan Penelitian .........................................................                15

B.     Penelitian Tindakan Kelas Siklus I  ................................                 15

Perencanaan ....................................................................                 17

Pelaksanaan ....................................................................                 17

·         Pendahuluan...................................................,,,......                  17

·         Kegiatan Inti...........................................................                   18

·         Penutup ..................................................................                   20

C.     Penelitian Kelas Siklus II ................................................                16

·         Perencanaan ..........................................................                 16

·         Pelaksanaan ..........................................................                  16

Ć¼  Pendahuluan...................................................                  17

Ć¼  Kegiatan Inti....................................................                17

Ć¼  Penutup ............................................................               19

Ć¼  Refleksi ....................................................................       21

D.    Penelitian Kelas Siklus II ..................................................              21

·         Perencanaan ...............................................................               21

·         Pelaksanaan ...............................................................               22

Ć¼  Pendahuluan.......................................................                22

Ć¼  Kegiatan Inti......................................................                 23

Ć¼  Penutup ..............................................................                24

Ć¼  Refleksi .................................................................             26

BAB V

Penutup

A.    Simpulan ...............................................................................                  27

B.     Saran .........................................................................................              27

Lampiran ..........................................................................................              29

Daftar Pustaka ..................................................................................             32

 

 


BAB I

LATAR BELAKANG MASALAH

I.         Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama Islam  merupakan garda terdepan dalam pembenahan moral bangsa[1], oleh kerena itu  PAI  bukan saja menjadi materi pelengkap disekolah namun lebih mengarah kepada pelajaran pokok yang menjadi sentral perbaikan moralitas bangsa.

Peranan pendidikan di dalam Islam merupakan hal yang sangat penting, bahkan ada ungkapan langsung dari Rasulullah mengenai hal tersebut ;

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." Abu Isa berkata; ini adalah hadits hasan. (HR. Tirmidzi) Shahih menurut Muh. Nashiruddin Al Albani.

َŁ†ْ Ų²َŁŠْŲÆِ ŲØْŁ†ِ Ų«َŲ§ŲØِŲŖٍ Ł‚َŲ§Ł„َ Ų³َŁ…ِŲ¹ْŲŖُ Ų±َŲ³ُŁˆŁ„َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ِ ŲµَŁ„َّŁ‰ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų¹َŁ„َŁŠْŁ‡ِ ŁˆَŲ³َŁ„َّŁ…َ ŁŠَŁ‚ُŁˆŁ„ُ Ł†َŲ¶َّŲ±َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų§Ł…ْŲ±َŲ£ً Ų³َŁ…ِŲ¹َ Ł…ِŁ†َّŲ§ Ų­َŲÆِŁŠŲ«ًŲ§ ŁَŲ­َŁِŲøَŁ‡ُ Ų­َŲŖَّŁ‰ ŁŠُŲØَŁ„ِّŲŗَŁ‡ُ ŁَŲ±ُŲØَّ Ų­َŲ§Ł…ِŁ„ِ ŁِŁ‚ْŁ‡ٍ Ų„ِŁ„َŁ‰ Ł…َŁ†ْ Ł‡ُŁˆَ Ų£َŁْŁ‚َŁ‡ُ Ł…ِŁ†ْŁ‡ُ ŁˆَŲ±ُŲØَّ Ų­َŲ§Ł…ِŁ„ِ ŁِŁ‚ْŁ‡ٍ Ł„َŁŠْŲ³َ ŲØِŁَŁ‚ِŁŠŁ‡ٍ

Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadits dariku lalu menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu[2]."

Ų¹َŁ†ْ Ų¹ُŲ«ْŁ…َŲ§Ł†َ ŲØْŁ†ِ Ų¹َŁَّŲ§Ł†َ Ł‚َŲ§Ł„َ Ł‚َŲ§Ł„َ Ų§Ł„Ł†َّŲØِŁŠُّ ŲµَŁ„َّŁ‰ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų¹َŁ„َŁŠْŁ‡ِ ŁˆَŲ³َŁ„َّŁ…َ Ų„ِŁ†َّ Ų£َŁْŲ¶َŁ„َŁƒُŁ…ْ Ł…َŁ†ْ ŲŖَŲ¹َŁ„َّŁ…َ Ų§Ł„ْŁ‚ُŲ±ْŲ¢Ł†َ ŁˆَŲ¹َŁ„َّŁ…َŁ‡ُ

Dari Utsman bin Affan ia berkata; Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya."[3]

Hadis di atas mengutarakan akan pentingnya menimba ilmu, bahkan rasulullah memberikan gambaran bahwa belajar merupakan langkah awal menuju surga sebagaimana diharapkan oleh setiap muslim.

Ibnu Abbas memberikan sebuah penafsifat mengenai surat Mujadalah[4] ayat 11 ;

ŁŠٰٓŲ§َŁŠُّŁ‡َŲ§ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْŁ†َ Ų§ٰŁ…َŁ†ُŁˆْٓŲ§ Ų§ِŲ°َŲ§ Ł‚ِŁŠْŁ„َ Ł„َŁƒُŁ…ْ ŲŖَŁَŲ³َّŲ­ُŁˆْŲ§ ŁِŁ‰ Ų§Ł„ْŁ…َŲ¬ٰŁ„ِŲ³ِ ŁَŲ§ŁْŲ³َŲ­ُŁˆْŲ§ ŁŠَŁْŲ³َŲ­ِ Ų§Ł„Ł„ّٰŁ‡ُ Ł„َŁƒُŁ…ْۚ ŁˆَŲ§ِŲ°َŲ§ Ł‚ِŁŠْŁ„َ Ų§Ł†ْŲ“ُŲ²ُŁˆْŲ§ ŁَŲ§Ł†ْŲ“ُŲ²ُŁˆْŲ§ ŁŠَŲ±ْŁَŲ¹ِ Ų§Ł„Ł„ّٰŁ‡ُ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْŁ†َ Ų§ٰŁ…َŁ†ُŁˆْŲ§ Ł…ِŁ†ْŁƒُŁ…ْۙ ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠْŁ†َ Ų§ُŁˆْŲŖُŁˆŲ§ Ų§Ł„ْŲ¹ِŁ„ْŁ…َ ŲÆَŲ±َŲ¬ٰŲŖٍۗ ŁˆَŲ§Ł„Ł„ّٰŁ‡ُ ŲØِŁ…َŲ§ ŲŖَŲ¹ْŁ…َŁ„ُŁˆْŁ†َ Ų®َŲØِŁŠْŲ±ٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.

ٍ Ų¹َŁ†ْ Ų§ŲØْŁ†ِ Ų¹َŲØَّŲ§Ų³ٍ ŁŠَŲ±ْŁَŲ¹ُ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ų¢Ł…َŁ†ُŁˆŲ§ Ł…ِŁ†ْŁƒُŁ…ْ ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ų£ُŁˆŲŖُŁˆŲ§ Ų§Ł„ْŲ¹ِŁ„ْŁ…َ ŲÆَŲ±َŲ¬َŲ§ŲŖٍ Ł‚َŲ§Ł„َ ŁŠَŲ±ْŁَŲ¹ُ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ų£ُŁˆŲŖُŁˆŲ§ Ų§Ł„ْŲ¹ِŁ„ْŁ…َ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ų¢Ł…َŁ†ُŁˆŲ§ ŲØِŲÆَŲ±َŲ¬َŲ§ŲŖٍ

Dari Ibnu Abbas radliallahu anhu: ketika menafsirkan ayat : (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. al-mujadalah:11); dia berkata maksudnya adalah "Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat". [5]

Ibnu Abbas menyebutkan bahwa derajat orang-orang yang beriman dan berilmu jauh lebih dimuliakan daripada orang yang tak memiliki ilmu, ringkasnya bahwa pendidikan merupakan sebuah metode perbaikan akhlaq dan kemuliaan bagi seorang muslim

Meskipun demikian tidak dipungkiri bahwa masih saja adanya diskriminasi terhadap guru PAI, semua itu didasarkan karena SDM yang dianggap kurang mumpuni serta tidak banyak memberikan kontribusi disekolah , baik dalam perbaikan akhlaq maupun sistematika pembelajaran.

Perbandingan ini tentu sangat mencolok jika dilihat atau dibandingkan dengan guru-guru lainnya yang  memiliki kinerja dan SDM yang mempuni, sebagai contoh dalam  penggunaan media pembelajaran saja, terkadang guru PAI sangat bertumpu  pada  sistem konvensional  yang mengarah pada satu metode yang monoton dan membosankan bagi peserta didik, materi konvensional[6] merupakan sebuah tradisi yang sudah mendarah daging dalam penerapan di sekolah-sekolah, sehingga berimbas kepada kwalitas pelajaran dan hasil belajar yang diperoleh setelahnya.

Dengan kata lain model pembelajaran PAI kurang mengalami perubahan sebagaimana yang diharapkan dalam rancangan  PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 pasal 1 yang menyatakan Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.[7]

di dalam perundang-undangan tersebut disebutkan bahwa PAI harus dapat memberikan perubahan sikap, keperibadian dan keterampilan peserta didik dalam menjalani agama di kehidupan kesehariannya, atau dapat disimpulkan bahwa perubahan moralitas menjadi penentu keefektifitasan PAI di sekolah, dengan mengacu dan melihat fonemena tersebut maka setiap guru PAI wajib melakukan perubahan dan kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, setiap guru dipacu untuk menumbuhkan rasa kepeduliannya terhadap peserta didik, agar apa yang diajarkannya menjadi benih yang menghasilkan buah manis yang lezat untuk dinikmati.   

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti mengidentifikasi bahwa model pembelajaran[8] pendidikan Agama Islam yang berkembang saat ini kurang dapat memberikan hasil yang maksimal dan berpengaruh kepada pola fikir dan akhlaq peserta didik, peserta didik tidak memiliki motivasi yang kuat dalam penerapan PAI, peserta didik juga cenderung menjadikan PAI sebagai materi pelengkap pelajaran disekolah, tanpa adanya ghiroh atau keinginan kuat

PAI sebagai mata pelajaran yang banyak mengajarkan mengenai hafalan, praktek dan cerita merupakan mata pelajaran yang memungkinkan guru dapat menggarap berbagai metode pengajaran untuk penyampainnya, salah satunya adalah metode Ceramah yang banyak dipakai hingga saat ini. Metode ini merupakan metode yang banyak diperdebatkan dikalangan dunia pendidikan sebagaimana[9] yang dinyatakan bahwa ada sebagian kalangan pendidik yang menganggap bahwa metode ceramah merupakan sebuah metode pengajaran yang kurang mencapai sasaran dan sebagaian lagi berpendapat bahwa metode tersebut kurang efisien dan bertentangan dengan cara manusia belajar dan sebagian lagi justru sebaliknya, mereka beranggapan bahwa sebagian metode ceramah dapat memberikan hasil pengajaran secara mendalam kepada peserta didik .

Namun alangkah baiknya jika motode penyampaian dalam pengajaran  mengalami revormasi kearah yang lebih baik, inovatif serta menyenangkan, dengan kata lain guru harus mampu menghadirkan 4 rukun wajib dalam penerepan pembelajaran, yaitu :

o   Manageable Topik[10]: artinya bahan materi yang akan kita sampaikan merupakan materi yang sudah terkonsep dengan baik yang sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran, sehingga terjadi singkronisasi yang harmonis ketika pembelajaran mulai dijalankan

o   Attainable Data: Materi yang disampaikan merupakan materi yang sesuai dengan materi ajar untuk peserta didik dan dapat dicapai sesuai dengan pemahamannya. Maka guru harus mampu meramu dan menggunakan bahasa penyampaian yang sesuai dengan taraf kemampuan peserta didik yang dihadapinya.

o   Significance of Topik:  materi yang disampikan merupakan materi yang memiliki bobot yang bermutu dan dibutuhkan dalam pembelajaran, dalam hal ini guru dituntut untuk mampu memberikan pembelajaran secara  singkat, padat dan mengena, serta tidak berbelit-belit.

o   Interested Topic:  pembahasan atau materi ajar yang disampikan merupakan materi yang menarik untuk peserta didik, sehingga peserta didik merasakan kenyamanan dalam belajar, dan hal ini merupakan faktor pendukung utama dalam keberhasilan sebuah pendidikan.

Sehingga ketika 4 rukun ini dihadirkan dalam pembelajaran maka bukan tidak mungkin adanya perubahan kearah yang lebih baik  

C.     Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka pembahasan pada penelitian ini akan dibatasi hanya pada metode pengajaran yang digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pai dan budi pekerti materi  ketelanan nabi ibrahim dan ismail as dengan menggunakan audio visual, apakah dengan menggunakan audio visual sebagai media pelengkap pembelajaran akan meningkatkan hasil pembelajaran sebagaimana diharapkan dan apakah pemanfaatan audio visual dapat merubah pola fikir dan pola sikap peserta didik dalam pembelajaran di kelas

D.    Rumusan Masalah

dengan berlandaskan kepada Latar belakang masalah dan hasil identifikasi yang dilakukan peneliti maka dirumuskan sebagai berikut :

a.       Seberapa besarkah manfaat Audio visual sebagai media pembelajaran PAI bagi peserta didik kelas 3 di SDN Pondok Makmur

b.      Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan Audio visual

c.       Bagaimana peningkatan pembelajaran PAI dengan menggunakan gawai dan media audio visual

E.     Tujuan Penelitian

a.       Agar dapat mengukur kegunaan dan manfaat Audio visual sebagai media Pembelajaran bagi peserta didik kelas 3 di SDN Pondok Makmur

b.      Untuk mengetahui cara penerapan audio Visual dalam peningkatan Pembelajaran PAI di SDN Pondok Makmur

c.       Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran PAI dengan menggunakan Audio visual dan gawai

F.      Manfaat Penelitian

a.       Agar guru dapat memanfaatkan audio visual sebagai media pembelajaran yang efisien dan mengena

b.      Agar peserta didik dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat difahami secara tepat dan mudah 

c.       Agara sisiwa dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan menggunakan audio visual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 

A.    Kajian Teoritis

 

Gearlach & Ely[11] mengatakan bahwa media adalah sebuah alat yang dapat  menjelma sebagai manusia, materi atau sebuah fonemena yang dapat membangung  pola berfikir seseorang menjadi lebih baik lagi, dengan kata lain media dijadikan sebuah objek untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengembangan bagi ilmu pengetahuan.

     Atwi Suparman[12]  mendefinisikan, bahwa media merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk memberikan pesan atau informasi kepada orang yang membutuhkan informasi. Media juga merupakan sarana untuk bertukar pengetahuan dan informasi mengenai hal yang dibutuhkan dan hal-hal yang belum diketahui seseorang agar mengetahuinya

           Dalam proses pendidikan seorang guru dituntut harus mampu menyampaikan pesan tersebut dengan baik kepada peserta didik, apa yang menjadi target pembelajaran dapat dikelola dengan baik dalam bentuk media, sehingga dapat tersampaikan secara utuh dan menyeluruh[13].

Menurut Sudjana[14],  dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa fungsi, yaitu:

a.        media sebagai pelengkap dari materi yang diajarkan

b.        Menggunakan media merupakan satu kesatuan integral dari keseluruhan situasi mengajar

c.        Media dalam pengajaran, penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pengajaran;

d.        Penggunaan media diharapkan dapat membuat suasana belajar menjadi menarik

e.       Penggunaan media merupakan bentuk efisiensi waktu untuk ketercapain kompetensi

f.       Penggunaan media diharapkan dapat meningkatkan kwalitas pembelajaran

B.   Hipotesa Tindakan

            Berdasarkan latar belakang masalah dan kajian pustaka maka peneliti mengemukakan hipotesa pada penelitian ini bahwa, jika penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN Pondok Makmur, penerapan ini meningkatkan mampir 85% peserta didik, sehingga perlu adanya pembelajaran seperti ini secara berkesinambungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

Metodologi Penelitian

a.      Subjek Penelitian

PTK yang dilaksanakan peneliti merupakan penelitian yang ditujukan kepada peserta didik dan siwi SDN Pondok Makmur yang berada di Jl. Perum Pondok Makmur Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Peneliti mengkhususkan penelitian ini pada kelas 3 pada mata pelajaran PAI

b.      Tempat dan waktu

Adapun tempat dan waktu penelitian  dilaksanakan pada Tanggal 10 Maret 2020 di sekolah SDN Pondok Makmur, sebagai sekolah dimana peneliti mengajar.

No

Waktu

Materi

Tempat

1

10 Maret 2020

Keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail as[15]

SDN PondokMakmur

 

13 Maret 2020

Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim danIsmail as[16]

SDN Pondok Makmur

 

c.       Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini antara lain :

1. Perencanaan

Guru  melaksanakan perencanaan yang matang dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa perlengkapan yang meliputi :

Ƙ  Mempersiapkan bahan ajar yang menjadi target penyampaian kepada peserta didik yang lebih dahulu telah penulis modifikasi dan edit  menjadi audio visual 

Ƙ  Menggunggah hasil modifikasi atau editing media pembelajaran ke Chanel Youtube sebagai salah satu bentuk pengarsipan media kedalam teknologi kekinian

Ƙ  Menyimpan hasil editing dari media pembelajaran ke Laptop peneliti sebagai media penyampaian di ruangkan kelas dengan menggunakan infocus

2. Tindakan  / Kegiatan, mencakup

Pada tahap ini peneliti membagi tahapan kepada 3  Pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.

3. Refleksi

                                    Refleksi merupakan tahapan akhir dalam penelitian ini, pada tahap ini penulis  mereflesikan hasil kegiatan penelitian yang sudah dilaksanakan dengan memberikan penilaian secara tertulis serta memberikan motifasi konstruktif kepada peserta didik agar senantiasa meningkatkan pembelajarannya secara baik

d.      Jenis dan sumber data

1.      Jenis Data

Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif.

a.       Data kualitatif[17], yaitu data yang disuguhkan ke dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Data dalam penelitian ini merupakan gambaran umum obyek penelitian, meliputi: efektifisas penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran, dampak penggunaan audio visual dalam pembelajaran PAI serta perubahan yang terjadi setelah menggunakan audio visual dalam pembelajaran.

b.      Data kuantitatif[18] adalah jenis data yang memiliki ukuran atau dapat dihitung secara langsung, berupa informasi atau keterangan yang diwujudkan dalam bentuk bilangan atau berbentuk angka. Data ini dibutuhkan sebagai perhitungan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pemahaman materi yang disuguhkan dalam bentuk audio visual

2.      Sumber Data

Sumber data dalam penelitian adalah perolehan data subjek yang didapat dalam hal ini digunakan sumber data:

a)      Sumber data primer[19], yaitu data yang dikumpulkan langsung dari subjek penelitian. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah Peserta didik SDN Pondok Makmur Kelas 3

b)     Sumber data skunder, yaitu data penunjang yang dihadirkan oleh peneliti yang dalam hal ini adalah audio visual pembelajaran PAI berupa video ataupun animasi tulisan.

e.       Alat pengumpul data

Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan menggunakan angket kuesioner yang dibagikan kepada peserta didik , sehingga nantinya hasil angket kuesioner tersebut dikumpulkan sebagai bahan acuan dalam penelitian yang akan dilaksanakan. Teknik pengolahan data terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

1. Pengumpulan Data

Peneliti mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam proses penelitian yang meliputi media audio visual,  serta bahan-bahan lainnya yang dapat menunjang proses penelitian.

2. Penyuntingan (Editing)

Hal ini dimaksudkan agar peneliti mengetahu hasil dari penyebaran angket kuesioner yang dibagikan kepada peserta didik,sehingga peneliti mampu menyimpulkan peningkatan darihasil pembelajaran yang dilakukan.

3. Pengodean (Coding)

Proses pemberian nilai dan klasifikasi berupa simbol atau angka pada tiap jawaban peserta didik berdasarkan pertanyaan yang diberikan.

4. Tabulasi

Pada tahapan ini dilakukan input data, penyusunan, dan perhitung data yang telah berikan kode tertentu  ke dalam tabel.

No

Nama Peserta didik

Hasil

Ketuntasan

Keterangan

1

A.Romdhoni

78

Tuntas

B

2

Budi Budiman

65

Tidak Tuntas

C

3

Dini Rahmawati

95

Tuntas

A

4

dst

 

 

 

 

f.       Teknik pengolahan data

Pada bagian ini peneliti menmbagimenjadi beberapa tahapan :

1. Pengumpulan Data

Pada tahapan ini, peneliti mengumpulkan data-data yang dibutuhkan yang terdiri dari data audio visual yang dibuat, baik berupa link ataupun file data video secara langsung

2. Penyuntingan (Editing)

Pemerikaan hasil kusioner yang dilakukan peserta didik,sehingga diperoleh data tentang peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan audio visual

g.       Tabulasi

Pada tahapan ini dilakukan input data, penyusunan, dan perhitung data yang telah berikan kode tertentu  ke dalam tabel.

 

No

Nama Peserta didik

Hasil

Ketuntasan

Ket

1

         A.Rizki

75

Tuntas

c

2

         Budi Ilham

78

Tuntas

b

3

Dedi Irawan

95

Tuntas

a

4

dst

 

 

 

 

h.      Kriteria Keberhasilan Penelitian

Berdasarkan penjelasan pada teknik pengolahan dan analisi data maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan audio visual mengalami peningkatan, peserta didik ampu meningkatkan hasil belajarnya dengan baik dibandingkan dengan sebelumnya yang berarti peserta didik mampu melampau nilai KKM yag telah ditetapkan 

 

 

 

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi Hasil Penelitian dan Pembahasan

Pelaksanaan PTK yang dilakukan peneliti dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya[20] :

a.       Mempersiapkan materi dan kelengkapan penelitian

b.      Meminta Izin kepada kepala sekolah SDN Pondok Makmur untuk melakukan penelitian dan menetapkan tanggal penelitian dilaksanakannya penelitian

Melakukan observasi awal untuk mengidentifikasi masalah secara tepat dengan melakukan modifikasi pada materi yang akan dijadikan bahan pebelajaran

 1. Persiapan Penelitian

Di dalam penelitian yang dilakukan tentunya  perlu adanya persiapan agar semua perencanaan dapat berjalan dan menghasilkan sesuatu yang beranfaat bagi pencapaian pembelajaran, adapun persiapan tersebut meliputi :

c.    Mempersiapkan bahan ajar dan kelengkapan untuk penelitian

d.   Perizinan kepada kepala sekolah SDN Pondok Makmur untuk melaksanakan penelitian dan menentukan tanggal penelitian dilaksanakannya penelitian

e.    Melaksanakan observasi awal untuk mengidentifikasi masalah secara tepat dengan melakukan modifikasi pada materi yang akan dijadikan bahan penelitian.

2.    Penelitian Tindakan Kelas Pra Siklus

Penelitian pra siklus merupakan penelitian murni yang dilakukan peneliti tanpa menggunakan media apapun sebagai pengembangan pembelajarannya, peneliti hanya menggunakan metode konfensional sebagai landasan pengajarannya, metode yang digunakan pun masih menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga didapati nilai peserta didik sebagaimana berikut :

Tabel 1 Nilai Pre-tes

Hasil Penilaian  Kognitif  Pelajaran PAI

3.13. Kisah keteladanan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as

 

No

Nama Peserta didik

Nilai

KKM

Keterangan

1.

Almar Zaneti

70

70

Tuntas

2

Faqih Huda

68

70

Tidak Tuntas

3

M Fatir Al-Rizqi

70

70

Tuntas

4

Qiara Khansa

63

70

Tidak Tuntas

5

Rafael Ahmad

57

70

Tidak Tuntas

6

Siti Nur Hasanah

57

70

Tidak Tuntas

7

Subhan Mulya

50

70

Tidak Tuntas

8

Syafira Kirana

70

70

Tuntas

9

Varliam Shinji

56

70

Tidak Tuntas

10

Vinda Aprilia

66

70

Tidak Tuntas

Dalam tabel di atas menunjukan adanya nilai dibawah KKM  dan ketuntasan yang minim, hampir 80% peserta didik memiliki nilai dibawah KKM yang sudah ditentukan, penyebab ini semua dikarenakan metode pembalajaran yang masih mengandalkan model konvensional, sehingga peserta didik cenderung abai dan bosan terhadap materi yang, peserta didik juga tidak dapat menumbuhkan kreatifitasnya padahal dan peserta didik tak mampu untuk mengingat, memahami, mengaplikasi serta menganalisa lebih jauh. Dengan alasan tersebut maka peneliti berinisiatif untuk merubah model pembelajaran Konfensional  dengan model pembelajaran modern dengan memanfaatkan audio visual, yang diharapkan dapat merubah daya serap peserta didik dalam menerima pelajaran.

3.      Penelitian Tindakan Kelas Siklus I

Penelitian Siklus I dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2022. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada siklus I ini meliputi[21] :

a.       Perencanaan

Ada beberapa persiapan yang dilakukan peneliti dalam Dalam perencanaan penelitian di siklus Iini,  perencanaan tersebut meliputi :

Ƙ  Persiapan Alat yang dibutuhkan, dalam pembelajaran

 

Ƙ   Menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan pada pembelajaran PAI dengan ceramah interaktif dan diskusi

Ƙ  Meyusun evaluasi yang akan digunakan

Ƙ  Menyiapkan instrumen penilaian berupa lembar observasi dan sebagai alat pengumpulan data dari hasil peserta didik  

Semua persiapan yang dilakukan semata untuk mempermudah dari penelitian yang akan dilakukan peneliti,sehingga memperolah hasil sebagaimana diharapkan.

b.      Pelaksanaan

Pelaksanaan pembelajaran siklus 1 di kelas 3 SDN Pondok Makmur Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilakukan oleh peneliti sendiri, pelaksanaan ini seperti biasa dilaksanakan dengan tiga tahapan :

I.                   Pendahuluan

Ć¼  Dalam tahapan ini peneliti memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik, kemudian peneliti memulai pembelajaran dengan membaca doa pembuka majlis yang dilanjutkan dengan mengecek kehadiran peserta didik dan mengingatkan agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

Ć¼  Apersepsi, peneliti bertanya mengenai pembelajaran minggu lalu  yang kemudian menyampaikan materi baru atau materi lanjutan yang akan menjadi pembahasan hari ini.

Ć¼  Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, lalu mempersiapkan bahan ajar yang mendukung pembelajaran

Ć¼  Menyiapkan peralatan dan media pembelajaran berupa buku dan dan literatur lain mengenai kisah keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail as

II.                Kegiatan Inti

a.              Mengamati

Peserta didik Menyimak kisah keteladanan Nabi Ibrahim as yang disampaikan peneliti. Peserta didik tampak antusias mengikuti pembelajaran yang disampaikan peneliti.

Peserta didik serius mendengarkan paparan yang disampaikan, meskipun di dapati ada beberapa peserta didik yang kurang konsentrasi, hal ini terjadi karena kondisi ruangan yang panas serta matei yang disampaikan hanya mendengarkan.

b.      Menanya

Setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan peneliti mencoba mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kisah keteladanan nabi Ibrahim yang sudah peserta didik saksikan, terlihat adaya kreatifitas peserta didik dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan dibandingkan dengan sebelumnya, meskipun ada sebagian peserta didik yang masih bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan melihat seperti itu peneliti mencoba membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, Kemudian peneliti memberikan tugas ke setiap kelompok untuk mengamati dan mencatat  beberapa pertayaan yang dibuat peneliti, yang nantinya akan peserta didik  bacakan secara kelompok, sedangkan kelompok lainnya mendengarkan paparan yang dipresentasikan.

Di dalam diskusi siklus 1 diperoleh peningkatan yang cukup baik, peserta didik mulai aktif dan dapat memahami serta mau mengemukakan pendapatnya terhadap materi atau hasil diskusi yang disampaikan kelompok lainnya,

c.  Mengumpulkan Informasi

Peneliti memberikan tugas Individu kepada peserta didik dengan mengerjakan LKPD yang tersedia, sehingga peneliti dapat mengukur daya serap yang dapat diterima peserta didik, peneliti dapat mengukur efektifitas pembelajaran PAI yang disampikan

c.       Menalar/Mengasosiasi

Pada tahap ini peneliti Membuat catatan hasil tugas individu mengenai kisah keteladanan nabi Ibrahim dan nabi Ismail as dengan Menghubungkan prilaku yang terjadi  dan ada di sekitar, dan peneliti memberikan beberapa penguatan kepada peserta didik dengan hasil yang diperoleh peserta didik

d.      Mengkomunikasikan

•   Peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim as serta prilaku positif dan negatif yang terjadi ketika itu

•   Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan tentang korelasi perilaku dan sikap nabi Ibrahim dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar

III.             Penutup

Pada kegiatan penutup peneliti memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan hasil disikusi yang dibimbing  oleh  peneliti secara langsung hal ini dimaksudkan guna meluruskan pemahaman yang masih dianggap keliru, kemudian peneliti juga mengajukan beberapa pertanyaan sebagai bentuk moroja’ah kepada peserta didik yang dilanjutkan dengan pemberian latihan soal secara individual kepada peserta didik, hal ini dilakukan agar peneliti dapat mengukur efektifitas pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan audio visual.

Dalam siklus I di dapati perubahan nilai dari sebelumnya :

perbandingan nilai Pra Siklus dan Siklus 1

Kisah keteladanan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as

 

No

Nama Peserta didik

Pra Siklus

Siklus I

KKM

Keterangan

1.

Almar Zaneti

70

80

70

Tuntas

2

Faqih Huda

68

70

70

Tuntas

3

M Fatir Al-Rizqi

70

77

70

Tuntas

4

Qiara Khansa

63

80

70

Tuntas

5

Rafael Ahmad

57

70

70

Tuntas

6

Siti Nur Hasanah

57

73

70

Tuntas

7

Subhan Mulya

50

75

70

Tuntas

8

Syafira Kirana

70

71

70

Tuntas

9

Varliam Shinji

56

70

70

Tuntas

10

Vinda Aprilia

66

75

70

Tuntas

 

 

Di dalam tabel perolehan nilai di atas terlihat adanya peningkatan yang cukup baik, nilai yang diperoleh peserta didik menunjukan  nilai yang melampaui nilai KKM yang ditetapkan, namun masih terdapat pula nilai yang berada dilevel KKM dengan begitu peneliti berinisiatif untuk mengadakan tingkat penelitian lebih lanjut dengan melakuakn penelitian tindakan kelas siklus II

4.      Refleksi

Berdasarkan hasil observasi dan nilai tes akhir siklus I, disimpulkan bahwa sudah nampak beberapa perubahan pada peserta didik, nilai yang dihasilkan pada siklus I sudah mengalami peningkatan. Peserta didik terlihat mengalami perubahan dalam pola fikir dan pemahaman dalam pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah interaktif dan diskusi, namun belum menuntaskan nilai dari beberapa peserta didik,yang terlihat masih berada di level KKM bahkan hanya mengalami peningkatan yang tiak signifikan, oleh kerena itu perlu adanya penambahan metode penyampaian yang lebih baik. Agar hasil yang didapatkan sesuai harapan yang ada

5.      Penelitian Tindakan Kelas Siklus II

Penelitian Siklus I dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2022. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada siklus I ini meliputi :

b.      Perencanaan

Ada beberapa persiapan yang dilakukan peneliti dalam Dalam perencanaan penelitian di siklus Iini,  perencanaan tersebut meliputi :

Ƙ  Modifikasi materi ajar menjadi AudioVisual dalam hal ini penulis menggunakan aplikasi KineMaster dan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti Hypteks, IntroMaker, Google Lens, Film kartun, Youtube Chanel peneliti menggunakan Chanel Toutube sendiri

Ƙ  Persiapan Alat yang dibutuhkan, dalam hal ini peneliti menggunakan dua cara :

a)      Autfocus sebagai sarana pembelajaran di kelas

b)     Laptop yang dimiliki peneliti

Ƙ   Menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan pada pembelajaran PAI dengan menggunakan audio visual

Ƙ  Meyusun evaluasi yang akan digunakan

Ƙ  Menyiapkan instrumen penilaian berupa lembar observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data dari hasil peserta didik  

Semua persiapan yang dilakukan semata untuk mempermudah dari penelitian yang akan dilakukan peneliti,sehingga memperolah hasil sebagaimana diharapkan.

c.       Pelaksanaan

Pelaksanaan pembelajaran siklus II di kelas 3 SDN Pondok Makmur Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilakukan oleh peneliti sendiri, pelaksanaan ini seperti biasa dilaksanakan dengan tiga tahapan :

IV.             Pendahuluan

Ć¼  Dalam tahapan ini peneliti memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik, kemudian peneliti memulai pembelajaran dengan membaca doa pembuka majlis yang dilanjutkan dengan mengecek kehadiran peserta didik dan mengingatkan agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

Ć¼  Apersepsi, peneliti bertanya mengenai pembelajaran minggu lalu  yang kemudian menyampaikan materi baru atau materi lanjutan yang akan menjadi pembahasan hari ini.

Ć¼  Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, lalu mempersiapkan bahan ajar yang mendukung pembelajaran

Ć¼  Menyiapkan peralatan dan media pembelajaran berupa Video pembelajaran mengenai kisah keteladanan Nabi Ibrahim

V.                Kegiatan Inti

e.              Mengamati

Peserta didik Menyimak kisah keteladanan Nabi Ibrahim as yang disajikan guru melalui media audio visual dengan bantuan infocus. Peserta didik tampak antusias mengikuti pembelajaran dengan audio visual, bahkan sebagian peserta didik adanya berusaha untuk muju ke depan agar lebih jelas menyimak pembelajaran yang dihadirkan peneliti.

Peserta didik serius mendengarkan paparan yang ada di dalam audio visual, meskipun di dapati ada beberapa peserta didik yang kurang konsentrasi, hal ini terjadi karena kondisi ruangan yang panas dan tidak adanya kipas Angin, yang didukung dengan udara yang terik saat itu.

f.       Menanya

Setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan peneliti mencoba mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kisah keteladanan nabi Ibrahim yang sudah peserta didik saksikan, terlihat adaya kreatifitas peserta didik dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan dibandingkan dengan sebelumnya, meskipun ada sebagian peserta didik yang masih bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan melihat seperti itu peneliti mencoba membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, Kemudian peneliti memberikan tugas ke setiap kelompok untuk mengamati dan mencatat  beberapa pertayaan yang dibuat peneliti, peserta didik diberikan kesempatan untuk mepresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lainnya mendengarkan paparan yang dipresentasikan.

Di dalam diskusi siklus 1 diperoleh peningkatan yang cukup baik, peserta didik mulai aktif dan dapat memahami serta mau mengemukakan pendapatnya terhadap materi atau hasil diskusi yang disampaikan kelompok lainnya,

c.  Mengumpulkan Informasi

Peneliti memberikan tugas Individu kepada peserta didik dengan mengerjakan LKPD yang tersedia, sehingga peneliti dapat mengukur daya serap yang dapat diterima peserta didik, peneliti dapat mengukur efektifitas pembelajaran PAI dengan menggunakan audio visual

g.      Menalar/Mengasosiasi

Pada tahapini peneliti Membuat catatan hasil tugas individu tentang kisah keteladanan nabi Ibrahim as  Menghubungkan prilaku yang ada pada kisah keteladanan nabi Ibrahim dengan prilaku yang terjadi  dan ada di sekitar, dan peneliti memberikan beberapa penguatan kepada peserta didik dengan hasil yang diperoleh peserta didik

h.      Mengkomunikasikan

•   Peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim as serta prilaku positif dan negatif yang terjadi ketika itu

•   Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan tentang korelasi perilaku dan sikap nabi Ibrahim dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar

VI.             Penutup

Pada kegiatan penutup peneliti memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan hasil disikusi yang dibimbing  oleh  peneliti secara langsung hal ini dimaksudkan guna meluruskan pemahaman yang masih dianggap keliru, kemudian peneliti juga mengajukan beberapa pertanyaan sebagai bentuk moroja’ah kepada peserta didik yang dilanjutkan dengan pemberian latihan soal secara individual kepada peserta didik, hal ini dilakukan agar peneliti dapat mengukur efektifitas pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan audio visual.

Dalam siklus I di dapati perubahan nilai dari sebelumnya :

perbandingan nilai Pra Siklus dan Siklus 1

Kisah keteladanan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as

 

No

Nama Peserta didik

Pra Siklus

Siklus I

Siklus II

KKM

Keterangan

1.

Almar Zaneti

70

80

95

70

Tuntas

2

Faqih Huda

68

70

87

70

Tuntas

3

M Fatir Al-Rizqi

70

77

82

70

Tuntas

4

Qiara Khansa

63

80

90

70

Tuntas

5

Rafael Ahmad

57

70

85

70

Tuntas

6

Siti Nur Hasanah

57

73

93

70

Tuntas

7

Subhan Mulya

50

75

80

70

Tuntas

8

Syafira Kirana

70

71

95

70

Tuntas

9

Varliam Shinji

56

70

85

70

Tuntas

10

Vinda Aprilia

66

75

92

70

Tuntas

 

 

Di dalam tabel perolehan nilai di atas terlihat adanya peningkatan yang cukup baik, nilai yang diperoleh peserta didik menunjukan  nilai yang melampaui nilai KKM yang ditrtapkan, peneliti beranggapan bahwa pembelajaran dengan menggunakan audio visual memberikan dampak signifikan dalam peningkatan nilai dan prestasi peserta didik khususnya pada mata pelajaran PAU dan Budi Pekerti di kelas 3 SDN Pondok Makmur

 

 

6.      Refleksi

Berdasarkan hasil observasi dan nilai tes akhir siklus I, disimpulkan bahwa sudah nampak beberapa perubahan pada peserta didik, nilai yang dihasilkan pada siklus I sudah mengalami peningkatan. Peserta didik terlihat mengalami perubahan dalam pola fikir dan penamahaman dalam pembelajaran dengan menggunakan audio visual, sehingga peneliti menilai bahwa peranan audio visual dalam pembelajaran PAI di kelas 3 di SDN Pondok Makmur efektif dan berhasil meningkatkan kwalitas nilai dan keseriusan peserta didik dalam pembelajaran  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

A.    Simpulan

Penelitian Tindakan Kelas merupakan  sebuah upaya peningkatan kwalitas pemahaman peserta didik  terhadapa pelajaran, khususnya PAI di kelas III SDN Pondok Makmur serta sebagai upaya pemecahan masalah yang menjadi fokus penelitian. Penggunaan metode konfensional yang menjadi tradisi dalam pendidikan agama di sekolah-sekolah merupakan pangkal terjadinanya penurunan kwalitas peserta didik dalam memahami pelajaran, dengan demikian perlu adanya reformasi dan rekonstruksi baik dari segi model pembelajaran maupun bahan ajar yang menjadi kunci utama.

Pemanfaatan audio visual dan gawai merupakan sarana yang tepat jika dimanfaatkan pengajar/guru untuk meningatkan kwalitas pembelajaran, banyaknya fasilitas, aplikasi serta peralatan pendukung yang ada merupakan acuan terbaik bagi pengajar / guru untuk dapat memanfaatkannya sebagai sarana peningkatan kwalitas pembelajaran yang ada

B.     Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas mengenai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Dengan Menggunakan Gawai Dan Audio Visual, peneliti memberikan saran :

1.      Kepada  Guru

Ć¼  Agar setiap guru agama mampu memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran yang menyenangkan

Ć¼  Guru PAI hendaknya mengurangi penggunaan metode konfensional dan beralih kepada metode yang menyenangkan dan modern dengan berbasi kepada pengginaan IT dan Gawai

Ć¼  Guru agama mampu memberikan kontribusi positip serta konstruktif guna meningkatkan kwalitas pendidikan agama

 

2.      Kepada Pengambil Kebijakan dalam Pendidikan

1.       Hasil penelitian ini bisa manfaatkan sebagai bahan diskusi untuk meningkatkan pembelajaran dan sebagai pertimbangan kebijakan yang mengarah kepada pemanfaatan IT sebagai media pendorong perkembangan pendidikan Indonesia dalam segala bidang dan mata Pelajaran.

2.       Hasil penelitian merupakan acuan dan rumusan bagi peneliti untuk memajukan pendidikan Agama di likungan SDN Pondok Makmur kec Periuk kota Tangerang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Arahan diskusi siklus I

1.      Keteladanan apa saja yang ada pada diri nabi Ismail

2.      Ceritakan dengan singkat bagaimanakah Nabi Ismail menaggapi mimpi ayahnya yang akan menyembelih dirinya

3.      Perintah apa saja  yang Allah sampaikan kepada kepada nabi Ibrahim dan Ismail as

4.      Apa yang nabi Ibrahim ajarkan kaepada nabi Ismail tentang ajaran yang diterimanya

5.      Perbuatan apa saja yang dilakukan keluarga nabi Ibrahim yang hingga saat ini masih dilakukan 

LKPD Siklus I

Flowchart: Alternate Process: 3.13. memahami kisah keteladanan Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

 

 

 



A.      Pilihlah jawaban dibawah ini dengan tepat

1.     Nabi Islmail adalah seorang Nabi yang memiliki saudara kandung seorang nabi , yaitu ...

a.     Nabi ibrahim

b.    Nabi Daud

c.     Nabi Ishaq

d.    Nabi Muhammad,Saw  

2.     Nabi Ibrahim diberikan mujizat oleh Allah berupa

a.     Tak mempan dibakar

b.    Dapat merubah anaknya yang disembelih menjadi se ekor Domba

c.     Dapat membelah laut

d.    Dapat memiliki anak seorang nabi

3.     Ketika nabi Ismail mendengarkan cerita dari ayahnya yang hendak menyembelih dirinya maka nabi ismail menuruti apayang dikehendaki ayahnya, menurut kalian sikapnabi Ismail adalah sikap ;

a.     Kurang terpuji karena menuruti perbuatan yang salah

b.    Terlalu membahayakan diri sendiri dan merupakan prilaku yang ceroboh

 

c.     Sikap taat seorang anak kepada Allah namun sangat keliru

d.    Sikap patuh dan taat akan perintah yang datangnya dari Allah

4.     Siapakah ibu dari nabi ismail

a.     Hawa                      c. Khadijah

b.    Aisyah                    d. Hajar

5.     Ketika di dalam perjalanan menuju tempat penyembelihan anaknya nabi Ibrahim dihampiri oleh sosok syetan yang menyerupai manusia untuk menggagalkan usaha tersebut, menurut kalian prilaku tersebut merupakan perbuatan :

a.      yang baik karena menghalangi perintah yang salah

b.      perbuatan yang benar karena kasih sayang syetan kepada nabi Ismail

c.      perbuatan yang salah karena nabi ibrahim adalah ayah nabi Ismail yang bisa berbuat apapun kepada anaknya

d.      perbuatan yang salah karena perbuatan nabi Ibrahim adah perintah Allah yang takmungkin salah


 

B. Jawablah pertanyaan berikut

6.    Sebutkan surat dan ayat berapakah yang memerintahkan manusia berbuat ikhlas ...

7.    Sebutkan syarat diterimanya amal seseorang di sisi Allah ...

8.    Mengapa kita harus memperbanyak pahala

9.    Sebutkan dua manfaat berbuat ikhlas

10.  Tulislah ayat yang berkenaan dengan iklas dengan menggunakan bahasa Arab

C.        Berilah tanda (√) pada tabeeldibawah ini

No

Perbuatan

Selalu

Sering

Kadang-kadang

Tidak Pernah

1

Membantu orang tua di rumah

 

 

 

 

2

Melaksanakan Shalat tepat Waktu

 

 

 

 

3

Meminta imbalan ketika mengerjakan /membatu orang lain

 

 

 

 

4

Membantu teman yang kesulitan dikelas

 

 

 

 

5

Mengerjakan tugas dari sekolah tanpa di suruh orang tua di rumah

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

           

Penskoran

1.    Soal pilihan ganda terdiri dari 5 soal, setiap soal memiliki nilai 2,

š‘†š‘˜š‘œš‘Ÿ š‘š‘’š‘Ÿš‘œš‘™š‘’ā„Žš‘Žš‘› 

                           x100 =

š‘†š‘˜š‘œš‘Ÿ š‘šš‘Žš‘˜š‘ š‘–š‘šš‘Žš‘™

 

2.    Soal B  terdiri dari 5 soal,setiap soal memiliki nilai 5

š‘†š‘˜š‘œš‘Ÿ š‘š‘’š‘Ÿš‘œš‘™š‘’ā„Žš‘Žš‘› 

                           x100 =

š‘†š‘˜š‘œš‘Ÿ š‘šš‘Žš‘˜š‘ š‘–š‘šš‘Žš‘™

3.    Soal tabel bagian C, dipergunakan untuk penilaian sikap yang dinilai secara langsung kepada peserta didik sebagaikelengkapan KI 1


 

 

 

No

Pernyataan

Pernyataan

SS

S

KS

TS

1

Belajar dengan menggunakan audio visual

 

 

 

 

2

Pembelajar dengan diskusi

 

 

 

 

3

Membaca hasil diskusi di depan teman-teman

 

 

 

 

4

Guru menerangkan pelajaran dengan ceramah

 

 

 

 

5

Memberikan tugas individu untuk dirumah

 

 

 

 

 Angket Kuesioner

          Keterangan :

SS               : Sangat Suka

S                 : Suka

KS              : Kurang Suka

TS               : Tidak Suka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

1.      Al-Qur’an nul Karim  (Maktabah al-Fatih)

2.      Asik Belajara  Sutrisno Hadi (Sinar Grafika)

3.      Belajar & Pembelajaran Modern M.Fathurahman M.Pd ( Teras Press)

4.      Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Sudiyono, S.Pd  ( Penerbit Adab)

5.      METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Dr. Sigit Hermawan, SE., M.Si, ‎Amirullah, SE., M.M · 2021 (Penerbit Media Nusa Cretive)

6.      metode penelitian Kualitatif  Albi Anggito, Johan Setiawan · 2018  penerbit CV Jejak

7.      Model-model Pembelajaran  Shilpy A. Octavia  (Penerbit Deeppubish)

8.      Pedoman Mengajara Efektif Qois Faryadi (Bandung : Remaja Rosdakarya)

9.      Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2018 hal. 158 Ahmad Halim & M. Kholid Fathoni

10.  Pendidikan Agama menuju Revolusi Industri  4.o  Dr. Hj Asfiati S.Ag, Mpd

11.  Penelitian Tindakan Kelas (langkah-langkah praktispenulisan PTK) Muhamad Anugrah, S.Pd.I., S.Sos., M.Pd. (penerbit  letikaprio)

12.  Penelitian Tindakan Kelas Igak Wardani (penerbit Deepubliher)

13.  Peraturan Menteri Agama Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah

14.  Sahih Bukhary  (cetakan Bairut )

15.  secondry data  analisis  Thomas P. Vartanian

16.  Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT Refika Aditama),Pupuh Fathurrohman & Sobry Sutikno

17.  Sunan Abu Daud (Darus Salam Riyadh)

18.                      Sunan Darini  (Cetakan Bairut)

19.                      Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran  Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Arief Muttaqiin, Rahmadhani Fitri (CV RDH)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 



[1] Dr. Hj Asfiati S.Ag, Mpd Pendidikan Agama menuju Revolusi Industri  4.o  hal 37 Kencana press

[2] (HR. Abu Daud) No. 3175.Shahih.

[3] (HR. Bukhari) No. 4640. Shahih.

[4] Al-Qur’an nul Karim  Maktabah al-Fatih

[5] (HR. Darimi) No. 356

[6] M.Fathurahman M.Pd belajar & Pembelajaran Modern hal 186  Penerbit  Garudhawanca(08-2017)

[7] Peraturan Menteri Agama Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah

[8] Shilpy A. Octavia Model-model Pembelajaran

[9] Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Arief Muttaqiin, Rahmadhani Fitri Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran  hal 48-61

[10] Sutrisno Hadi  Asik Belajar(  https://www.asikbelajar.com/pertimbangan-pemilihan-topik-penelitian/)

[11] Pupuh Fathurrohman & Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT Refika Aditama),

[12] Ibid hal 65

[13] Qois Faryadi Pedoman Mengajara Efektif

[14] opcit hal. 66

[15] Ahmad Halim & M. Kholid Fathoni,Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2018 hal. 158

[16] Ibid . 161

[17] Albi Anggito, Johan Setiawan · 2018  metode penelitian Kualitatif hal 236

[18] Dr. Sandu Siyoto, SKM, M. Kes,  Dasar Metodologi Penelitian hal 28 penerbit  literasi Media Pubhliser

[19]  Dr. Sigit Hermawan, SE., M.Si, ‎Amirullah, SE., M.M · 2021 METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif  Hal 143

[20] Igak Wardani Penelitian Tindakan Kelas hal 126, penerbit  deepubhliser

[21] Muhamad Anugrah, S.Pd.I., S.Sos., M.Pd. Penelitian Tindakan Kelas (langkah-langkah praktispenulisan PTK) Hal 59 penerbit  letikaprio

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.